Dualisme organisasi saja dualisme dapat terjadi. tapi dualisme dapat

Dualisme dapat munculkarena ketidakpuasan sebagian anggota dalam sebuah instansi atau suatuorganisasi terhadap kepemimpinan serta keputusan yg dibuat oleh pemimpinnyasehingga sebagian anggota tersebut lebih memilih membentuk kepengurusan baruuntuk menandingi  kepengurusan ygsekarang berjalan. Dualisme dapat terjadi pada instansi atau organisasi apapuntermasuk agama, ras, budaya, suku, dll.

tidak hanya dalamsebuah instansi atau suatu organisasi saja dualisme dapat terjadi. tapidualisme dapat juga terjadi di dalam kehidupan masyarakat seperti saat pemilumasyarakat tentunya memiliki pandangan atau pemikiran yg berbeda – beda karenasetiap masyarakat memiliki kriterianya masing – masing sehingga ini akan dapatmemunculkan dualisme antara pendukung pasangan calon yg satu dengan pasangancalon yg lainnya.Karakteristikdualisme dalam sebuah instansi atau suatu organisasi yaitu;1.      Terdapatdua kubu dimana kedua kubu tersebut memiliki keadaan yg berbeda salah satu kubumemiliki keadaan yg bersifat superior (mendominasi atau kedudukannya kuat) dansalah satu kubu lagi memiliki keadaan yg bersifat inferior (tidak mendominasiatau kedudukannya lemah) tapi dapat hidup berdampingan pada tempat serta waktuyg sama.2.     Perbedaan keadaantersebut tidak hanya sementara tapi berlangsung terus menerus selama masihterjadinya dualisme atau dua kepengurusan dalam sebuah instansi atau suatuorganisasi tersebut3.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

      Pihakyg keadaannya bersifat superior akan terus meningkat dan semakin medominasiatau kedudukannya semakin kuat sedangkan pihak yg inferior akan terus menurundan kedudukannya akan semakin lemah di dalam sebuah instansi atau suatuorganisasi tersebut.Dualisme dapatdikatakan penuh dengan hal – hal negative yg dapat mengganggu keberlangsunganatau jalannya sebuah instansi atau suatu organisasi karena saat terjadidualisme para pengurus serta para anggota yg ada di dalamnya akan salingmenejelekkan serta saling menjatuhkan satu sama lain demi mendapatkan kedudukantertinggi di instansi atau organisasi tersebut. dan juga dengan adanya dualismedapat memecah belah orang – orang yg ada di sebuah instansi atau suatuorganisasi tersebut sehingga yg terjadi hanya ada konflik dan permusuhanberkepanjangan yg sulit untuk mendapatkan solusinya.Carauntuk mengataasi terjadinya dualisme atau dua kepengurusan dalam sebuahinstansi atau suatu organisasi yaitu;  1.

      Melakukanperundingan atau musyawarah antara kedua belah pihak untuk mencari solusi ygterbaik2.      menyamakan visi dan misi serta juga tujuanbersama dari kedua belah pihak dan menjalankan sebuah instansi atau suatuorganisasi secara bersama – sama tanpa adanya dua kepengurusan atau dualisme3.      Melakukanperjanjian yg sama – sama menguntungkan kedua belah pihak agar tidak terjadidualisme atau dua kepengurusan lagi di masa yg akan datangStudikasus terjadinya dualisme yaitu;·       Pada tahun 2011 terjadiinsiden dualisme di persepakbolaan Indonesia lebih tepatnya pada indukorganisasi sepakbola Indonesia yaitu PSSI pada tahun tersebut kepengurusan PSSIterbelah menjadi dua atau terjadi dualisme kepengurusan akibat adanyakekisruhan atau konfik internal di dalam PSSI sehingga terbentuk dua asosiasiyaitu PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) dan KPSI (Komite PenyelamatSepakbola Indonesia).

KPSI menyatakan secara sepihak mengambil alih kewenanganPSSI ini terjadi karena PSSI membentuk atau membuat liga baru yaitu liga primerIndonesia (LPI) yg tidak disetujui oleh beberapa pihak. Ini berawal dari konflikinternal di dalam PSSI Sehingga induk organisasi sepakbola dunia FIFA memintaPSSI untuk melakukan kongres pemilihan atau disebut juga dengan kongres luarbiasa namun kongres tersbut dibatalkan di tengah jalan karena keadaan yg tidakkondusif dimana terdapat sekelompok orang yg masuk ke dalam kongres danmengacaukan kongres tersebut. akhirnya dibentuklah komite normalisasi PSSInamun FIFA memutuskan untuk merombak atau mengganti beberapa anggota komitenormalisasi karena menurut FIFA anggota yg diganti tersebut tidak netral danlebih memihak pada salah satu pihak yaitu liga primer Indonesia. Setelahmelakukan beberapa kali kongres dan negosiasi yg alot akhirnya terbentukkepengurusan baru dari PSSI. dan PSSI mulai menjalankan tugasnya denganmembentuk sebuah kompetisi dengan melakukan beberapa kongres akahirnya PSSImenetapkan membentuk kompetisi baru yaitu liga primer indonesia namun keputusantersebut memecah komite menjadi dua ada yg pro dan juga ada yg kontra. akhirnyapihak PSSI menunjuk PT. liga prima Indonesia sportindo (LPIS) sebagai operatorresmi IPL namun komite yg kontra terhadap keputusan PSSI tersebut akhirnyamembentuk kompetisi sendiri yaitu Indonesia super league (ISL) dimana PT. ligaIndonesia (LI) sebagai operator resminya.

Keadaan diperparah dengan hadirnyaKPSI tidak hanya ada dua kepengursan atau dua kompetisi saja tapi juga ada duatimnas dari masing – masing kubu. akhirnya kedua belah pihak melakuakan kongresluar biasa guna menyelesaikan masalah tersebut Setelah melalui proses yg sangatpanjang akhirnya  masalah dualisme ygterjadi di PSSI dapat terselesaikan dan kini hanya ada satu induk organisasisepakbola Indonesia yaitu PSSI.