A. apa saja hal yang ingin ia teliti terhadap

A.  PENGERTIANAKTIVITAS SOFT SISTEM THINKINGAktivitasadalah suatu proses kegiatan manusia dengan dunia yang dilakukan dalam mencarisuatu tujuan agar tercapai menjadi manusia yang hakiki atau manusia yangsebenarnya yaitu manusia yang mau berfikir dan dalam menjalankan pikirannyatersebut dapat melalui kegiatan yang positif dan proporsional.Softsystem thinking adalah sebuah system proses yangsangat cocok untuk membantu suatu organisasi dalam menjelaskan tujuan sebuahorganisasi tersebut dan kemudian dapat merancang system aktivitas manusia untukmencapai tujuan tersebut.Jadi,kesimpulannya aktivitas soft system thinking adalah suatu system proses yangmembantu kegiatan manusia ataupun organisasi agar tercapai segala aktivitasmanusia yang mereka inginkan dan dapat menciptakan individu-individu manusiayang dapat bekerja secara professional dan proporsional dalam dibantunya olehada soft system thinking tersebut. B.  5AKTIVITAS SOFT SYSTEM THINGKING 1.

     MENGIDENTIFIKASIMASALAH YANG TIDAK TERUKUR.Masalah yangtidak terukur adalah masalah yang tidak dapat diukur dengan data yang akuratkarena masih dalam kesimpang siuran kebenaran masalah tersebut. Oleh karena itukita harus memiliki cara agar dapat menemukan masalah tersebut dapatdiselesaikan atau ditemukan penyebabnya. Agar dapat diukur makavariable-variable tersebut harus konseptual, artinya variable tersebut didukungoleh teori-teori yang relevan. Suatu variable dengan mudah dikendalikan apabiladata-data tersebut dikumpulkan dan tersedia atau bersedianya responden menjadiunit analisis untuk mengisi instrument penelitian tersebut. Hal lain yang perludiperhatikan peneliti adalah dalam menentukan atau memilih variable.Berdasarkan namanya, variable memiliki ciri harus bervariasi. Insentif yang biasaditemukan disebuah perusahaan/organisasi untuk digunakan organisasi yang samabukan variable, namun faktanya karena besarnya sama saja untuk golongan ataujenjang (level of job) yang sama.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Kinerja adalah variable karena setiap orangmemiliki level of performances yang berbeda, demikian juga motivasi kerja ataukepuasan kerja, jelas dapat dipakai sebagai variable karena tiap orang memilikitersebut yang bervariasi. Namun biasa yang dilakukan oleh seorang peneliti ituterkadang keliru dalam menyebut misalkan sebuah kebijakan sebagai variable,karena kebijakan yang dimiliki sebuah perusahaan/organisasi tidak akan pernahbervariasi. Jadi, dalam hal ini setiap para peneliti haruslah berfikir secaralogis dalam menentukan apa saja hal yang ingin ia teliti terhadap sebuahkebijakan atau penilaian atau pemahaman karyawan. Seharusnya yang bervariasiitu adalah persepsinya, penilaiannya atau pemahamannya terhadapkebijakan-kebijakan yang telah ditentukan tersebut. Oleh karena itu, apabiladitanya apa variablenya maka jawabannya adalah persepsi atau pemahaman,sehingga peneliti dituntut untuk mencari teori-teori tentang persepsi ataupemahaman terhadap kebijakan. Jadi, variable tersebut bukan termasuk dalamkebijakan, karena kebijakan tidak bervariasi. Faktor penamaan variable sangatmempengaruhi peneliti dalam menentukan teori-teori yang akan diterapkan dalamsebuah karya ilmiah baik itu skripsi, tesis, bahkan disertasi.

Demikian jugacontoh-contoh lain seperti budaya organisasi, iklim organisasi, kompensasi,rekrutmen, gaji, pemberdayaan dan sebagainya.Dalam penelitianilmiah, variable pada umumnya ada dua yaitu variable bebas (independentvariable) yang dapat mempengaruhi atau lebih dulu terjadi terhadap variablelain yang disebut terikat (dependent variable). Variable terikat inilah yangmenentukan inti topik seorang peneliti yang mencerminkan spesialiasasinya.Ada beberapateknik merumuskan masalah yang tidak terukut caranya yaitu sebagai berikut :a). Bertitiktolak belakang dari masalah penelitian yang telah digambarkan      ataudideskripsikan dalam latar belakang penelitian.b). Dirumuskandalam bentuk pernyataan atau pertanyaan dengan padat,       singkat dan jelas.

c).  Menyatakan hubungan sebab akibatantar-variable.d). Rumusanmasalah hendaknya terukur berdasarkan indicator-indikator       atau variable-variable penelitian.Agar masalahterlebih focus dan tidak melebar ke mana-mana, maka perlu dibatasi. Adabeberapa teknik membatasi masalah diantaranya :a).

 Batasi ruang lingkup wilayah penelitian.b).  Membatasi masalah yang dapat ditinjau puladari ruang lingkup materi.c).  Waktu penelitian perlu dibatasi jikadiperlukan. 2.

     MENGUMPULKANDATA DAN INFORMASI YANG BERKAITAN DENGAN INFORMASI YANG MELAKUKAN OBSERVASI,SURVEY SERTA DISKUSI. KEMUDIAN DAPAT MERUMUSKAN DAN MEMPRESENTASIKAN MASALAHDENGAN MENGGAMBARKANNYA SECARA LENGKAP DAN TERPERINCI.Pengumpulan datadilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapaitujuan penelitian. Proses pengumpulan data yang ada dapat ditentukan denganvariable-variable yang ada dalam hipotesis, pengumpulan data dilakukan terhadapsampel yang telah ditentukan sebelumnya. Cara memperolehnya ada dua yaitusebagai berikut:a).

Data primer,yaitu data yang dikumpulkan dan dapat diolah sendiri oleh peneliti langsungdari subjek atau objek penelitian.b). Datasekunder yaitu data yang didapatkan tidak secara langsung dari objek atausubjek penelitian.

Observasi adalahbagaimana cara mengumpulkan data yang tidak hanya mengukur sikap dari respondenseperti survey dan diskusi melainkan juga dapat digunakan dalam menangkapbahkan merekam apa saja fenomena yang terjadi. Cara-cara tersebut ternyatamasih banyak peneliti menggunakan karena dapat membantu mereka dalammempelajari tingkah laku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan jugadapat dilakukan pada responden yang tidak memiliki kapasitas yang begitu besardalam artian masih kecil sekali. Contohnya:Seorang Psikolog anak dapat melakukan sebuah observasi mengenai bagaimanaperilaku seorang anak, semangat anak tersebut, kemampuan seorang anak tersebut,hubungan anak dengan orang tuannya dan sebagainya.Survey ituadalah bagaimana cara mengumpulkan sebuah data dengan memberikan beberapakuisoner atau pernyataan kepada orang lain yang ingin kita jadikan sebagairesponden untuk mendapat jawaban hal yang ingin kita teliti tersebut.Diskusi ituteknik pengumpulan data, dengan duduk Bersama dengan orang yang dianggapresponden agar dapat bertukar pikiran untuk menyimpulkan data mana yang sesuaidengan kebenaran.Setelah dapatmengumpulkan data dengan benar sesuai fakta yang terjadi maka, seorang dapatmempersentasikannya dengan jelas dan gambaran yang lengkap agar yang menerimainformasi tersebut dengan maksimal. 3.

    MENGHUBUNGKANMASALAH DENGAN SYSTEM YANG ADA LALU MEMBUAT ROOT DEFINITION ATAU DEFINISI DASARYANG DAPAT MENJELASKAN PROSES PENCAPAIAN TUJUAN LALU MENGUJINYA DENGAN CATWOEANALYSIS.Setelahmengetahui masalah maka dapat kita buat definisi dasar dengan mangujinya denganCATWOE Analysis, yaitu dengan mengidentifikasi orang-orang, proses danlingkungan yang berkontribusi terhadap masalah, situasi atau masalah yang kitabutuhkan untuk menganalisis masalah yang kita cari. Sehingga CATWOE Analysissangat membantu dalam proses mencapai masalah yang dituju. 4.    MEMBUATSEBUAH MODEL SYSTEM YANG SANGAT TERKONSEP UNTUK SETIAP MODEL SYSTEM YANG INGINDIDESKRISPSIKAN DENGAN MODEL AKTIVITAS KEMUDIAN MENENTUKAN KINERJA MODELTERSEBUT BERDASARKAN KETEPATAN, EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS.Model tersebutdapat menggunakan istilah Performance Prism yaitu suatu model pengukurankinerja yang menggambarkan kinerja organisasi sebagai bangun 3 dimensi(Ketepatan, Efisiensi dan Efektivitas) yang memiliki 5 bidang sisi yaitu sisikepuasan stakeholder, strategi, proses, kapabilitas, dan kontribusi stakeholderyang dapat dijelaskan sebagai berikut :a.      KepuasanStakeholderStakeholder yangdapat dipertimbangkan disini meliputi konsumen, tenaga kerja, supplier,pemilik/investor, serta pemerintah dan masyarakat sekitar.

Sangat penting bagiperusahaan/organisasi dalam memberikan kepuasan terhadap apa yang diinginkandan dibutuhkan oleh stakeholdernya juga melakukan jalinan komunikasi yang baikdengan mereka para stakeholder dapat menjalankan perannya secara baik dankeberhasilan perusahaan/organisasi. b.     StrategiStrategisangatlah diperlukan dalam mengukur kinerja perusahaan/organisasi sebab dapatdijadikan sebagai acuan sejauh mana tujuan perusahaan/organisasi telahtercapai, sehingga pihak manajemen dapat mengambil langkat cepat dan tepatdalam membuat keputusan untuk menyempurnakan kinerja perusahaan/organisasi.

 c.     ProsesProsesdiibaratkan sebagai mesin dalam meraih kunci sukses yaitu bagaimana caranyaagar perusahaan/organisasi mampu memperoleh pendapatan yang tinggi denganpengeluaran seminimal mungkin, misalnya dengan pengoptimalan system pengadaanbarang. d.     KapabilitasKapabilitas ataukemampuan disini adalah kemampuan yang dimiliki sebuah perusahaan/organisasiyaitu kemampuan keahlian sumber dayanya, kemampuan dalam mempraktikanbisnisnya, kemampuan memanfaatkan teknologinya, serta fasilitas-fasilitaspendukungnya.

Kemampuan perusahaan/organisasi adalah hal yang mendasar yangharus dimiliki oleh perusahaan/organisasi karena apabila kemampuanperusahaan/organisasi tersebut sangat berkualitas maka perusahaan/organisasitersebut dapat bersaing dengan perusahaan/organisasi lainnya. e.      KontribusiStakeholderUntuk menentukanhal apa saja yang harus diukur disebuah perusahaan/organisasi adalah menjadikantujuan akhir pengukuran kinerja tersebut dapat menggunakan model PerformancePrism. Jadi setiap perusahaan/organisasi harus mempertimbangkan hal-hal apasaja yang mengenai keinginan dan apa saja yang dibutuhkan oleh parastakeholdernya. Sebab perusahaan/organisasi kinerjannya yang dapat dikatakanbaik dan sehat itu adalah perusahaan/organisasi yang dapat memenuhi danmenyampaikan apa saja yang diinginkan stakeholdernya karena hal tersebutsangatlah mempengaruhi bagaimana nasib kedepannya sebuah perusahaan/organisasitersebut. 5.    MEMBANDINGKANANTARA MODEK YANG TELAH DIBUAT DENGAN KENYATAANNYA DAN APABILA PERLU, MODELKONSEP TERSEBUT DIDISKUSIKAN DENGAN STAKEHOLDER SEHINGGA DIHARAPKAN DAPATTERCAPAI PERUBAHAAN YANG LEBIH BAIK DAN SISTEMATIS.Dari model yangtelah dibuat Performance Prism tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa betapapenting sebuah perusahaan/organisasi dalam memerhatikan stakeholdernya sehinggadapat terciptanya sebuah perusahaan/organisasi yang baik dan menjalan segalatujuan aktivitas soft system thinking dengan sistematis yaitu sesuai denganprosedur yang baik dan menciptakan perubahan yang baik, baik itu lingkunganperusahaan sendiri ataupun bagian internal perusahaan/organisasi tersebut.

 Studikasus yang dapat diambil dari aktivitas soft system thinking yaitu Perusahaanpertambangan batu bara yang berada di Kelurahan Bentuas, Palaran yang cukupmeresahkan warga karena banyak lubang galian hingga membahayakan masyarakatsekitar bahkan sampai meregang nyawa. Sehingga saya memiliki analisis softsystem thinking yaitu dengan adanya reboisasi setelah penggalian batubara ataudengan cara warga sekitar Kelurahan Bentuas, Palaran yang mendekati galianbatubara dapat memindahkan warga sekitar tersebut ke wilayah yang lebih layak untukdihuni agar tidak terjadi hal-hal seperti adanya korban berikutnya di sekitargalian bekas batubara tersebut. Namun kenyataan perusahaan batubara masihmemiliki kesadaran yang kurang terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat, danjuga masyarakatt masih kurang mengutamakan keselamatan dirinya sendiri sepertimasih bermain ke galian lubang batubara. Seharusnya perusahaan dan masyarakatjuga harus memiliki kesadaran yang lebih terhadap lingkungan sekitar dankeselamatan dirinya.Konsep yangdapat diterapkan oleh baik itu perusahaan sendiri dan masyarakat sekitar yaitusebagai berikut. 1.

     Bagiperusahaan batu bara, dapat melakukan cara ini :-        Memiliki hubungansocial yang baik dengan masyarakat sekitar yaitu memberikan pendidikan tentangalam dan keselamatan diri, memberikan beasiswa baik buat pendidikan ataupunbeasiswa yang memiliki keahlian di olahraga agar dapat masyarakat sekitar lebihdekat dengan perusahaan dalam artian perusahaan batubara tersebut lebihmemerhatikan mereka dan paham tentang bahaya dan juga keselamatan dirinyabermain di lubang galian batu bara.-        Perusahaan batubaratersebut dapat menyediakan tempat tinggal layak huni seperti tempat tinggalmereka sebelumnya bahkan lebih baik dari sebelumnya yang jauh dari galian batubara tersebut dan memberikan tunjangan berupa dana ataupun tunjangan kesehatan,jika masyarakat masih tidak mau menghiraukan keselamatan diri tersebut dapatmelakukan cara ini 2.     Bagimasyarakat sekitar, dapat melakukan cara ini :-        Masyarakat dapatmembekali dirinya dengan mengkaji ilmu tentang bahaya lingkungan dankeselamatan diri sendiri agar tidak ada lagi nyawa yang hilang akibat darigalian batu bara tersebut.-        Masyarakat dapatmenjalin hubungan yang baik dengan perusahaan dengan memenuhi ataupun mengambilbeasiswa yang sudah diberikan oleh perusahaan batu bara tersebut.Masyarakat jikadiperangati oleh perusahaan tentang rumahnya akan dipindahkan karena adanyakawasan batu bara ditempat tinggalnya, masyarakat dapat menuruti perusahaanbatu bara tersebut agar pindah ke tempat tinggal yang layak huni dan jauh darikawasan dari batu bara itu.